Laman

Selasa, 21 Agustus 2012

Input, Output, Proses

             Bermain api hangus, bermain air basah. Hal yang demikian adalah sesuatu sebab-akibat yang mutlak ada dalam kehidupan kita. Dalam semua bahasan ilmu sains dan teknik, setiap proses membutuhkan input untuk menghasilkan output. Dan tentunya tidak akan ada sebuah output bila proses tidak mendapatkan inputan. Begitu pula di jurusan saya, teknik informatika, input-proses-output juga merupakan alur yang umum digunakan dalam bekerja, terutama dalam merancang perangkat lunak atau sistem.


Definisi


Diagram di atas dapat didefinisikan sebagai berikut :
Input : Data yang mengalir masuk ke sistem, berasal dari luar sistem.
Proses : Memanipulasi input menjadi bentuk yang sesuai dengan tujuan.
Output : Hasil yang didapatkan dari rangkaian proses pada sistem.
Feedback : Umpan balik sebagai evaluasi untuk mendapatkan output yang lebih baik.

Penjelasan Sejauh Pemahaman Saya :
  • Setiap kita membangun sebuah sistem atau perangkat, hal pertama yang harus ditentukan adalah tujuan. Sebuah sistem tidak akan dapat dibangun atau akan mengalami stagnansi bahkan kehancuran bila tidak ada tujuan yang jelas mengapa dia dibuat.
  • Setelah memiliki tujuan, sistem harus dirancang dengan matang supaya dapat mengakomodir input yang akan masuk ke dalam sistem.
  • Sejalan dengan pembuatan si proses, sistem akan menghasilkan output perlahan-lahan secara progresif sesuai dengan input yang ada.
  • Dengan adanya output yang mulai terlihat, tentunya usaha untuk membangun sistem tidak akan selesai sampai di sini. Output yang dihasilkan dari sistem belum tentu sudah mencapai yang diinginkan dari tujuan awal. Oleh karena itu, sistem membutuhkan feedback yang mengevaluasi output yang ada.
  • Jika output yang dihasilkan belum sesuai dengan tujuan, maka diperlukan adanya perbaikan terhadap inputan yang masuk atau pun terhadap proses mengolah input.
Nah, jika output yang dihasilkan ternyata sudah sesuai dengan tujuan awal, maka alur berhenti sampai di sini atau bisa juga pembuat sistem ingin mengembangkan sistem ini menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar